Apr 19, 2013

MODIFIKASI RESEP MAKANAN



TOFU SANDWICH DAN ROTI PIZZA

 Resep Makanan VIP




KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLTEKKES KEMENKES BENGKULU
JURUSAN GIZI
 



Pengembangan Menu
Menu adalah susunan makanan yang disajikan kepada seseorang untuk sekali makan atau untuk sehari. Menu seimbang adalah menu yang terdiri dari beraneka ragam makanan dalam jumlah dan porsi yang sesuai, untuk memenuhi kebutuhan gizi seseorang guna pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh dan proses kehidupan serta pertumbuhan dan perkembangan. Kehadiran atau ketidakhadiran suatu zat gizi esensial dapat mempengaruhi ketersediaan, absorpsi, metabolisme atau kebutuhan zat gizi lain (Almatsier).
Sebelum proses penyelenggaraan banyak dilakukan tentunya perlu dilakukan perencanaan dan persiapan yang matang, sehingga proses penyelenggaraan makanan dapat berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, perlu adanya perencanaan menu yang baik yang fungsinya :
a.       Untuk memudahkan pelaksana dalam menjalankan tugas sehari-hari.
b.      Secara garis besar dapat disusun hidangan yang mengandung zat-zat gizi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.
c.       Variasi dan kombinasi hidangan dapat diatur, sehingga dapat dihindari kebosanan yang disebabkan pemakaian jenis bahan makanan yang sering terulang.
d.      Menu daapat disusun sesuai dengan biaya yang tersedia sehingga harga makanan dapat dikendalikan.
e.       Waktu dan tenaga yang tersedia dapat digunakan sehemat mungkin. Dengan perencanaan menu yang matang, bahan makanan yang kering dapat dibeli sekaligus untuk beberapa minggu sehingga tenaga dan waktu dapat di hemat.
f.       Menu yang terencana baik dapat menjadi suatu alat penyuluhan gizi yang baik, karena menu yang baik mengajarkan pola yang baik.


Resep Modifikasi
Kraf  Tofu Sandwich
Bahan :
Roti Tawar 4 lembar
Tofu 20 gram bungkus, di goreng hingga warna coklat
Tomat 20 gram, iris tipis
Selada 20 gram
Margarin 10 gram

Cara membuat :
Olesi tipis roti dengan margarin secara merata lalu susun selada, tomat dan tofu goreng di atas roti yang sudah di oles kemudian tangkupkan roti hingga rapih dan sajikan.
Untuk 2 porsi
 

0 comments: